Arti dari "Lovina"

Pernahkah Anda mendengar kata LOVINA ? , pasti sudah tahu kan, apalagi bagi orang-orang Bali, pasti semua sudah tahu, Lovina adalah nama dari sebuah kawasan wisata di Bali Utara, yang terdiri dari 2 kecamatan, yaitu: Desa Pemaron, Desa Tukadmungga, Desa Anturan, dan Desa Kalibukbuk, yang merupakan wilayah kecamatan Buleleng,dan Desa Temukus, Desa Kaliasem , adalah termasuk kecamatan Banjar.

Tahukah Anda apa arti dari kata "Lovina" tersebut? penasaran bukan ?
Awalnya Saya juga  sangat penasaran dengan arti Lovina tersebut, akhirnya saya cari tahu di internet, akhirnya Saya mendapat jawabannya. dan Saya akan berbagi dengan Anda.

arti dari lovina
Konon, nama "Lovina" diberi oleh Anak Agung Panji Tisna, beliau adalah sastrawan modern yang namanya sudah terkenal di Indonesia, nama Lovina diambil oleh Anak Agung Panji Tisna dari nama sebuah hotel kecil di India yaitu Lafeina, beliau pernah menginap di hotel Lafeina , saat menulis buku dengan judul Ni Ketut Widhi pada tahun 1950-an.

Ada juga versi lain mengenai arti Lovina, ada yang menyebut nama Lovina diambil dari adanya 2 pohon "santen" yang ditanam oleh putra beliau, yang kemudian tumbuh saling berpelukan, jadi Lovina diambil dari bahasa latin, dengan arti saling mengasihi atau saling menyayangi, kemudian Bupati Buleleng Drs. KetutGinantra selama masa jabatannya dari tahun 1988 hingga tahun 1993, Lovina diartikan singkatan dari kata "Love" dan "Ina" yang artinya adalah Cinta Indonesia.

Sahabat, itulah arti dari kata Lovina, yang saya dapatkan dari berbagai sumber, kalau ada yang kurang berkenan, mohon diberikan masukan.

Terima Kasih.....  

Komentar

Postingan Populer