Potensi Wisata Desa Pedawa

Sebenarnya sudah banyak blogger lain yang sudah menulis tentang Desa Pedawa dan sejarahnya, tapi kali ini saya akan mencoba memberikan ulasan tentang Desa Pedawa dari sudut pandang yang berbeda, yaitu dari sudut pandang pariwisata, baiklah langsung saja kita bahas.

Desa Pedawa, adalah sebuah desa  yang terletak di Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Desa Pedawa merupakan salah satu desa Bali aga, Bali mula, atau Bali asli.
Luas wilayah 16.680 Ha, dan terbagi menjadi  6 Dusun yaitu:   Banjar Dinas Desa Pedawa, Banjar Dinas Asah,  Banjar Dinas Munduk Waban,   Kelian Dinas Insakan,   Kelian Dinas Bangkiang Sidem, dan  Kelian Dinas Lambo.

desa pedawa buleleng


 Sebenarnya dengan wilayah yang cukup luas tersebut, Desa Pedawa memiliki banyak tempat  yang   indah, dan bisa dikembangkan menjadi obyek pariwisata, selain tempat yang indah, Desa Pedawa memiliki  seni dan budaya yang unik, yang berbeda dari  desa-desa pada umumnya yang ada di Bali.
Desa Pedawa memiliki karakteristik yang khas, yaitu Bahasa, Sistem kekerabatan, Upacara Keagamaan, dan banyak lagi yang lain.

Adapun tempat-tempat yang bisa di kunjungi di Pedawa diantaranya :
Area persawahan Di Banjar Asah, Tukad atau Sungai Pengangkidan yang biasanya digunakan untuk  tempat Upacara Ngaben, Tibu Mampeh  (Tibu sama dengan kolam) , juga beberapa Pura , dan masih banyak tempat lain yang dapat di kunjungi di Pedawa.

Selain itu, hal unik yang bisa kita lihat adalah, pembuatan Gula Pedawa, yaitu gula tradisional khas Bali yang terbuat dari Nira/aren, atau dalam bahasa inggris di sebut Palm Sugar, gula buatan masyarakat Pedawa,sangat terkenal di kabupaten Buleleng.

Kemudian Anda juga masih bisa mengunjungi beberapa rumah tradisional Pedawa, yang masih di lestarikan oleh beberapa masyarakat Pedawa dan rumah tersebut masih lengkap dengan lumbung di halaman rumahnya.



Letak geografis desa Pedawa sebenarnya sangat strategis , karena jaraknya hanya beberapa jam saja, dari obyek pariwisata di Bali Utara, seperti Lovina, Munduk , Bedugul, Pura Buda/Wihara Banjar, dan  Air Panas Banjar.

Satu berita bagus yang saya tahu, kini sudah ada beberapa hotel dan agen travel yang membuat program untuk berkunjung ke Desa Pedawa.

Sahabat Wartika blog, itulah sedikit ulasan saya tentang potensi wisata Desa Pedawa, salah satu desa Bali Aga yang ada di kecamatan Banjar, kabupaten Buleleng , Bali
Saya sadar, mungkin artikel ini belum sempurna, kalau ada kekurangan mohon di beri masukan, terima kasih.


Update : Satu Lagi berita yang sangat menarik, sekarang kawasan desa-desa yang termasuk desa Bali aga sekarang mulai berbenah untuk menjadi desa wisata, dan khusus di desa Pedawa sekarang sudah ada tempat wisata sellfie yang dinamakan Kubu Hobbit Pedawa milik Pak Ketut Sudi Harta yang terletak di banjar dinas Asah desa Pedawa. 

Semoga Bermanfaat

Komentar

  1. bagus bos, Lanjutkan !

    BalasHapus
  2. Ardianta_makasi kunjungannya....

    BalasHapus
  3. Ne mra bgus.trus promosiang pedawa ne.panga nyidaang apa ddi desa pariwisata.

    BalasHapus
  4. Alit Saputra_makasi komentare,astungkara...

    BalasHapus
  5. mantap, trus promosikan desa pedawane

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suksme,,yen ada wkt pst bin kal nulis ttg pedawa.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer